Materi IPA Kelas 1 SD

Mengenal bagian-bagian tubuh kita


ini bagian tubuhku
bagian tubuhku mempunyai nama
di tubuhku ada kepala
pada kepala ada mata
di dekat mata ada alis
pada kepala ada telinga
pada kepala ada mulut
di dalam mulut ada gigi dan lidah
aku juga memiliki bibir
bibir bawah dan bibir atas
di kepalaku juga ada hidung dan rambut
lubang hidungku ada dua
rambutku banyak berwarnahitam
pada tubuhku juga ada tangan dan kaki
tanganku ada dua kiri dan kanan
kakiku juga ada dua kiri dan kanan
bagian bagian tubuh memiliki kegunaan

aku dapat menyebutkan
rambut untuk melindungi kepala
rambut melindungi kulit kepala
sehingga panas matahari tidak terasa
rambut juga untuk keindahan
rambut tertata rapi
kepalaku tampak indah
telinga ada dua
telinga kiri dan telinga kanan
telinga untuk mendengarkan
dengan telinga aku dapat mendengar
mataku ada dua
mata kiri dan mata kanan
mata untuk melihat
aku dapat melihat keadaan sekitar
aku dapat melihat pemandangan indah
aku juga dapat mengenal teman
hidung untuk mencium bau
aku dapat membedakan bau
bau wangi dan tidak wangi
hidung juga untuk saluran napas
aku bernapas lega
di dalam mulut ada lidah
lidah untuk mengecap
aku dapat membedakan rasa
gula berasa manis
garam berasa asin
cabai berasa pedas
gigi untuk menggigit makanan

gigi untuk mengunyah makanan
gigi untuk melembutkan makanan
makanan menjadi mudah ditelan
tanganku ada dua
tangan kanan dan tangan kiri
tangan untuk memegang
memegang pensil dan peralatan
aku dapat menulis
aku dapat bekerja
aku dapat membantu orang tua
kakiku ada dua
kaki kiri dan kaki kanan
kaki sangat berguna
aku bisa berdiri tegak
aku bisa berjalan
aku bisa berlari
aku bisa ke mana mana

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi IPS Kelas 1 SD

Materi PKn Kelas 1 SD